Read more: http://ridhotawaka.blogspot.com/ http://ridhotawaka.blogspot.com/#ixzz4UGVIdzMv Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 30 November 2016

Menanam dengan Metode Hidroponik

Anda tinggal di kota atau tidak memiliki lahan untuk berkebun atau masalah lainnya sementara anda hoby menanam maka anda bisa mencoba cara yang telah dipopulerkan oleh bangsa Jerman, yang merupakan salah satu bentuk teknologi pertanian yaitu “Hidroponik”. Ide pertanian tanpa menggunakan media tanah sebetulnya sudah muncul sebelum tahun 1600-an di Prancis, dengan mencoba memahami nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.
Hidrophonik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.[1]

Apa saja tanaman yang bisa dikembangkan dengan metode Hidroponik? Berikut ini beberapa jenis tumbuhan yang cocok dibudidayakan dengan menggunakan metode hidroponik.
1.   Beberapa jenis tanaman sayuran daun yang cocok untuk metode penanaman hidroponik antara lain adalah: Kangkung, Selada, Sawi, Seledri, Bayam, Brokoli dan Kailan.
2.  Selain tanaman sayuran daun, juga terdapat jenis tanaman sayuran buah. Budidaya sayuran buah ini sedikit lebih rumit dengan metode yang sama (hidroponik). Tanaman jenis sayuran buah yang cocok adalah untuk metode hidroponik tersebut adalah, cabai, paprika, tomat, terung dan paria.
3.  Selain itu beberapa tanaman buah musiman juga bisa ditanam dengan menggunakan metode hidroponik. Menanam buah musiman ini lebih rumit dari kedua jenis tumbuhan di atas. Tanaman tersebut antara lain; Timun, Semangka, Melon, Strawberri, Jagung dan lain-lain.[2]
Demikianlah pembahasan ringkas tentang metode budidaya tanaman hydroponic dan juga beberapa tanaman yang bisa dibudidayakan dengan metode tersebut. ini metode yang cukup menarik dan bisa dilaksanakan meskipun pada ruangan yang sempit.



Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar