Read more: http://ridhotawaka.blogspot.com/ http://ridhotawaka.blogspot.com/#ixzz4UGVIdzMv Under Creative Commons License: Attribution

Minggu, 18 Desember 2016

Begini Gambar Kebun tanpa Herbisida


Penulis cenderung santai dan berusaha merasa nyaman melihat kondisi kebunku yang menghijau meskipun kebanyakan orang tidak tenang melihat lahan perkebunan mereka menghijau karena rumput. Mereka menganggap hal itu sebagai parasit yang akan merusak tanaman. Secara kasat mata tumbuhnya rumput memang akan menghambat tanaman karena rerumputan tersebut juga mengambil nutrisi dari tanah. Namun demikian, penulis punya beberapa alasan yang membantah prinsip mereka, sebagai berikut:

Pertama, biasanya petani memilih menggunakan herbisida untuk membasmi rumput. Kebiasaan ini akan mempengaruhi tingkat kesuburan tanah, sehingga mengganggu ekosistem tumbuhan. Petani yang menggunakan herbisida sebetulnya memilih cara simpel namun tidak sehat karena bukan hanya rumput yang mati tetapi seluruh ekosistem yang ada didalamnya akan terkena efeknya dan akan mati perlahan-lahan.

Kedua, salah satu indikator kesuburan tanah adalah rumput dan tanaman tumbuh dengan baik. Keadaan rumput terlihat menghijau dan terbentuk eksositem hayati antara lain didalam tanah ada cacing tanah yang mengurai adalah tanda suburnya tanah. Karena rumput menghambat pertumbuhan tanaman sehingga hal tersebut harus ditaktisi. Caranya adalah mencabut atau mencangkul rumput hingga bersih. Selanjutnya tumpukan rumput akan mati dan menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tanaman pertanian. Untuk musim kemarau sejatinya diberikan perlakukan yang berbeda yaitu membiarkan rumput tumbuh agar mengurangi efek retaknya tanah.

Ketiga, warna hijau alami dari tumbuh-tumbuhan berupa rumput dan daun tanaman memberi efek sehat pada para petani, terutaman kesehatan mata dan pernapasan.

Itulah beberapa alasan penulis sedikit agak cuek dengan rumput yang tumbuh liar dikebun. Rumputnya hanya dibersihkan dengan mencabut atau mencangkul. Tapi tidak bersih total. Seperti ini gambar kebunku yang hijau dan sudah lebih dari 10 tahun bebas dari herbisida dan pupuk kimia.
  

0 komentar:

Posting Komentar