Read more: http://ridhotawaka.blogspot.com/ http://ridhotawaka.blogspot.com/#ixzz4UGVIdzMv Under Creative Commons License: Attribution

Minggu, 11 Desember 2016

Petani juga Harus Cerdas

Untuk mencapai produktivitas pertanian yang terbaik menuju kesejahteraan petani maka pekerja atau dalam hal ini adalah petani harus bekerja cerdas dan memiliki manajemen yang baik. Tuntutan tersebut merupakan rangkaian dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berimplikasi pada seluruh lini kehidupan manusia. Secara umum manusia harus cerdas dalam menghadapi tantangan zaman. Lebih khusus, setiap orang harus cerdas dalam memilih aktivitas maupun pekerjaan dan terhkhusus untuk pertanian, setiap petani harus cerdas dalam perencanaan, pelaksanaan, produksi, pengembangan, pengelolaan dan sebagainya.
Kalau petani ingin sejahtera tentu saja harus memperhatikan beberapa hal, antara lain:
1.      Memperhatikan kebutuhan pasar. Barang dagangan yang ada di pasar Indonesia kebanyakan bersumber dari hasil pertanian, mulai dari kebutuhan sandang, pangan, papan, dan kebutuhan sekunder kebanyakan berasal dari petani (pernah melewati pos petani). Ketika yang ditanam oleh petani adalah kebutuhan konsumen maka sudah pasti ada yang membelinya namun jika yang ditanam adalah tumbuhan yang tidak dibutuhkan pasar maka tidak akan ada yang mau membelinya. Menurut penulis “Orang cerdas akan menaman tanaman yang paling mahal di pasaran”.
2.      Memilih tanaman yang sesuai dengan lahan. Masalah dalam lahan pertanian adalah tingkat kesuburan lahan karena tidak semua lahan memiliki tingkat kesuburan yang baik. Ada lahan yang cocoknya Cuma tanam jagung dan ada pula lahan yang bisa digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman. Untuk itu harus diketahui secara pasti kecocokan lahan dengan benih yang akan di tanam. Pelajarilah kondisi lahan perkebunan sehingga anda tau apa yang paling cocok di tanam di sana. Orang yang cerdas akan berusaha mengerti kondisi lahan dan memberi stimulus sehingga lahan merespon dengan baik setiap tanaman yang ditanam.
3.      Bertani adalah merawat tanaman. Jadi setiap petani minimal harus mengerti dengan baik bagaimana merawat, mendidik tanaman, mengola lahan dan sebagainya. Petani yang cerdas harus memiliki kemampuan manajemen dan tenaga untuk mengola lahan.
Itulah sedikit catatan tentang hal-hal yang penting dilakukan oleh petani agar hasilnya lebih baik. Intinya adalah petani juga harus bekerja cerdas, bahkan ekstra cerdas untuk mendapatkan hasil terbaik menuju kesejahteraan petani. Jika hari ini petani belum cerdas maka belajar adalah salah satu solusinya, minimal belajar dari pengalaman.


Salam dari : Semesta Pertanian #salam-pertanian-alami 

0 komentar:

Posting Komentar