Read more: http://ridhotawaka.blogspot.com/ http://ridhotawaka.blogspot.com/#ixzz4UGVIdzMv Under Creative Commons License: Attribution

Jumat, 09 Desember 2016

Untung dengan Menanam Pepaya California

Edisi kali ini penulis ingin berbagi tentang budidaya Pepaya California. Meskipun tidak semua lahan memimiliki kesamaan tingkat kesuburan namun yang pasti bahwa budidaya Pepaya California tidak begitu sulit. Paling tidak, mulai dari persiapan lahan, pembenihan, perawatan hingga produksi hanya membutuhkan modal yang jauh lebih ringan dibanding dengan penghasilannya.
Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 2 sampai 10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah
Ciri-ciri pepaya California ini antara lain: 1) Batang Pendek dan ruas batang yang pendek, 2) buah sedang atau bobotnya 0,8 hingga 1,5 kg/buah, 3) kulit buah berwarna lebih hijau, tebal dan mulus, 4) buah berbentuk lonjong, 5) daging lebih tebal, kenyal dan rasa manis. 6) daya simpan buah lebih lama, lebih cepat berbunga dan produksi. 7) Warna daging buah yang merah.
Cara budidaya yang terbaik antara lain: memilih bibit unggul di Toko pertanian atau penjual bibit pepaya kemudian menyemaikan bibit tersebut di tanah atau media polibek. Sambil menunggu bibit tumbuh, kita bisa mempersiapkan lahan yang paling pas. Agar lebih baik, buat bedengan agar tanah lebih gembur.
Cara penanamanpepaya california patut memperhatikan proses penyiraman tanaman setiap pagi sebelum matahari terik. Selanjutnya pemberian pupuk juga penting dilakukan, namun penulis lebih menyarankan agar menggunakan pupuk alami atau pupuk kompos dari pada memilih pupuk kimia yang berpotensi merusak lahan. Hal-hal yang perlu diperharikan dalam menanam pepaya california adalah pengairan, penyiangan, pemupukan, perawatan lahan dan sebagainya. Biaya perawatan budidaya pepaya california tidak begitu mahal.
Untuk produksi buah, pepaya california orang sering menyebutnya dengan “Modal Kecil Untung Besar”. Itu memang merupakan sebuah kenyataan karena biaya tanam dan perawatannya ringan namun produtivitasnya tinggi dan harga pasarannya juga lumayan baik. Jika dikalkulasi, 1 pohon pepaya memproduksi buah sebanyak 30 biji/tahun dengan harga jual Rp.3.000/Kg dengan rata-rata 1,2 kg/biji maka total harga penjualan pepaya untuk 100 pohon saja bisa mencapai Rp. 10.800.000,- dalam 1 tahun.


Sumber :
1.      Wikipedia
2.      Mitalom.com
3.      Infoagribisnis.com

0 komentar:

Posting Komentar