Read more: http://ridhotawaka.blogspot.com/ http://ridhotawaka.blogspot.com/#ixzz4UGVIdzMv Under Creative Commons License: Attribution

Jumat, 02 Desember 2016

Langsat dan Manfaatnya

Salah satu hasil Pertanian Bulukumba yang produktivitasnya cukup tinggi adalah Langsat. Tumbuhan ini merupakan tanaman buah berbatang keras dengan tinggi mencapai 15 meter.
Langsat merupakan salah-satu buah-buahan musiman yang dipanen 1 kali dalam 1 tahun. Tumbuhan ini dipanen hampir bersamaan dengan Rambutan, Durian dan berbagai tumubuhan buah lainnya. Prediksi panennya untuk daerah Bulukumba adalah berkisar antara Bulan Februari hingga bulan April setiap tahunnya. Langsat yang lebih cepat panen adalah yang bertempat di daerah yang lebih panas. Sementara untuk daerah yang berada di dekat kaki gunung lebih lambat dipanen karena suhu udara yang lebih dingin.
Langsat merupakan jenis buah yang Rasanya manis saat sudah benar-benar matang. Perubahan warna pada langsat mulai dari warna hijau (rasanya pahit) kemudian berubah jadi kuning krem (rasanya kecut pekat) dan ketika warna kulit langsat sudah memutih maka rasanya mulai manis.
Satu Keranjang Langsat di Kebun biasanya di tadah oleh pedangang seharga Rp. 25.000, dengan kadar berkisar 25 Kg/wadah. Dengan demikian, kisaran harga langsat di Daerah untuk harga normal adalah Rp.1.000, hingga Rp.1.500/Kg. Harga tersebut sudah cukup baik bagi pemilik dan pedagang. Wadah langsat seperti pada gambar berikut ini.
Wadah Langsat
Untuk KHasiatnya, berdasarkan informasi yang dihimpun pada salah satu media menyebutkan manfaat dan fungsi Langsat untuk kesehatan antara lain: mencegah tubuh dari radikal bebas, sumber karbohidrat, digunakan untuk kecantikan, bisa digunakan sebagai obat untuk berbagai keluhan, suplemen alami dan sebagainya.
Buah langsat yang kaya manfaat jelas membuktikan jika buah yang satu ini memang mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kandungan gizi yang terdapat di dalam 100 gram buah langsat, terdapat:
a.        10 kal kandungan kalori
b.       13 gram kandungan karbohidrat
c.        0,7 gram kandungan mineral
d.       1 gram kandungan protein
e.       0,9 mg kandungan zat besi
f.         0,2 gram kandungan lemak
g.        18 mg kandungan kalsium
h.       9 mg kandungan fosfor
Itulah sedikit informasi tentang langsat. Semoga bermanfaat.
Buah Langsat
Salam Pertanian Alami # Mari Bertani dengan Cara yang Paling Aman.



0 komentar:

Posting Komentar